Senin, 31 Desember 2012

2012:'){}☺♥

Ditulis oleh Oom Komariyah at 12/31/2012 02:40:00 AM
menurutmu ini? 
0 komentar
Last day 2012 nih...
Aduh sumpah ya garela ninggalin 2012 hoho
2012 tahun baik bagi saya lah pokoknya ya walaupun banyak sedihnya.
Banyak banget kenangan yang berkesan:') Life? Happy? Love? Laugh? Sad? Cry? Semuanya ada...
Tahun 2012, tahun penuh kenangan pokoknya! tahun dimana doa dan harapan terwujud walaupun ga sepenuhnya hehe.
Di 2012 Banyak pelajaran. Banyak kenangan. Banyak pengalaman. Banyak cerita. Banyak rasa. Thanks God O:')
Harapan di tahun 2013:
menjadi lebih baik dari tahun lalu, bisa menjadi diri sendiri, jika di izinkan ingin membanggakan orang tua:')☺ saya harap semua kenangan indah yg terjadi di tahun 2012 bisa terulang lagi di tahun berikut-nya :) Semua kesedihan, kesenengan, memory, dan kenangan pada tahun 2012 bisa dijadikan pelajaran untuk kedepannya. Dan berharap 2013 lebih baik dan lebih bermakna dari sebelumnya. pokoknya berharap yang terbaik aja di2013:'))

Makasih buat kalian semua yang pernah mengukir cerita dan kenangan ditahun 2012. Dan tetaplah menjadi bagian hidup saya di 2013☺♥ 2012 always be in my mind I never forget the memories{}
Harapan dan Tantangan ada di tahun 2013. Semoga menjadi sebuah Kenangan yang takkan dilupakan. Thanks 2012 for anything and everything! Good bye 2012 and Welcome 2013 be my year please! muchlove ya xoxo:'){}☺♥☀

Senin, 24 Desember 2012

Epitech Jabar 2012

Ditulis oleh Oom Komariyah at 12/24/2012 07:49:00 PM
menurutmu ini? 
0 komentar
foto-foto waktu ada pameran pendidikan SMK se-Jabar diBima :D

Selasa, 16 Oktober 2012

Sejarah Singkat SMK Negeri 1 Kedawung Cirebon

Ditulis oleh Oom Komariyah at 10/16/2012 10:06:00 PM
menurutmu ini? 
0 komentar
Sejarah Singkat SMK Negeri 1 Kedawung awalnya bernama SMEA Negeri 1 Cirebon. Berdasarkan pada Surat Putusan Mentri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia tanggal 1 Agustus 1959 secara resmi SMEA Negeri 1 Cirebon didirikan, dengan menempati gedung sementara milik Koperasi Batik Budi Tresna. Pada tanggal 21 Juli 1968, Koperasi Batik Budi Tresna Cirebon menyerahkan (menghibahkan) gedung yang ditempati SMEA Negeri1 Cirebon kepada Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan, yang selanjutnya menjadi gedung resmi SMEA Negeri 1 Cirebon hingga kini Gedung yang diserahkan pada saat itu terdiri dari : 7 R.Keas 1 R. Kepala Sekolah 1 R. Tata Usaha 1. R. Penjaga Sekolah 1 Kamar Kecil (toilet) Pada tahun 1996 keluar Peraturan Mentri Pendidkan yang mengatur tentang perubahan nama lembaga pendidikan di jenjang SLTA, salah satunya adalah SMEA, SMKK dan STM dan sekolah kejuruan lainnya menjadi SMK. Maka pada tahun 1997, SMEA Negeri 1 Cirebon berubah menjadi SMK Negeri 3 Kota Cirebon, namun karena terjadi kesalah domisili sekolah yang tercatat di Kota Cirebon sedangkan wilayahnya menjadi miliki Kabupaten Cirebon, oleh karenanya beberapa bulan kemudian berubah namanya menjadi SMK Negeri 1 Cirebon Barat. Setelah adanya perubahan system pemerintah dari sentralisasi menjadi desentralisasi (Otonomi Daerah) pada tahun 2000 dan terjadi pemekaran kecamatan Cirebon Barat, maka berdasarkan Surat Keputusan Bupati Cirebon No. 420/Kep.330 Disdik/2005 tertanggal 4 Juli 2005, SMK Negeri 1 Cirebon Barat dirubah menjadi SMK Negeri 1 Kedawung hingga sekarang.

Jumat, 24 Februari 2012

TIPS DAN CARA MENGHILANGKAN RASA MALAS BELAJAR

Ditulis oleh Oom Komariyah at 2/24/2012 08:41:00 PM
menurutmu ini? 
0 komentar
Tugas sekolah/kuliah kalian masih numpuk? Mana besok ada ujian lagi terus ada pretest buat praktikum, mana hafalan slide sejibun. Baru slide pertama saja sudah bosan, mau membaca tapi mata mengantuk akhirnya nggak jadi deh, semuanya pada dicuekin. Kok jadi malas ya? Nah, yang menjadi pertanyaan bagaimana cara mengusir rasa malas dalam belajar? Di bawah ini ada beberapa tips yang insya Allah bisa membantu, semoga bermanfaat:

Pertama, berwudhulah, karena dengan berwudhu secara langsung kamu juga akan membasuh wajah dan menyegarkan kembali aura wajahmu yang tadinya ngantuk, kalau bisa mandi sekalian terus wudhu.

Kedua, menghirup udara pelan-pelan melalui hidung kemudian menghembuskannya lewat mulut dengan cara berdiri untuk menambah kesegaran dan ketenangan.

Ketiga, memulai dengan membaca Ta’awudz dan Basmallah, semoga pekerjaan kita baik membaca atau menyelesaikan tugas tidak diganggu oleh syeitan dan akan diberkahi oleh Allah. Hal ini supaya aktivitas bernilai ibadah.

Keempat, ada saatnya untuk mengubah posisi, misalkan posisi duduk ketika membaca. Ataupun bisa jadi dari posisi duduk berubah menjadi berdiri, namun jangan sampai dari duduk terus berbaring, kemungkinan besar bisa ketiduran.

Kelima, berpindah dari ruang satu ke ruang lainnya. Bisa saja disiasati seperti berpindah dari kamar ke beranda ruang tamu atau bahkan ke dapur dan ke luar rumah untuk sesekali memandang alam.

Keenam, membuat sesuatu yang menyegarkan, contohnya saja seperti membuat minuman teh, kopi atau jus bahkan kue-kue kecil untuk menghilangkan rasa bosan dan menjernihkan pikiran.

Ketujuh, ketika sudah selesai, ucapkanlah Hamdallah dan berdoa kepada Allah semoga apa yang baru saja dikerjakan tadi bermanfaat untuk hari esok dan hari yang akan datang.

Itu beberapa tips agar kita terjauh dari sifat malas. Oo iya, jangan lupa juga kita harus berdoa meminta kepada Allah agar senantiasa diberikan semangat dan keistiqomahan dalam beribadah. Aamiin.

Minggu, 19 Februari 2012

8 Tips Diet Sehat dan Cepat

Ditulis oleh Oom Komariyah at 2/19/2012 10:59:00 PM
menurutmu ini? 
0 komentar
Kebanyakan orang merasa menurunkan berat badan adalah hal yang sangat menyulitkan dan kebanyakan tidak yakin diet cepat apa yang paling baik bagi mereka. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan secara cepat, yang perlu Anda lakukan adalah terus berusaha dalam proses penurunan berat badan. Dalam waktu seminggu atau dua minggu Anda akan merasa lebih baik dan Anda akan diet dengan lebih cepat. Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat.

Instruksi:

1. Jangan mengkonsumsi produk yang mengandung tepung yang direfinasi.

Hal yang paling penting untuk disadari adalah berapa banyak produk yang Anda makan ternyata mengandung tepung yang direfinasi (tepung putih). Tepung putih adalah musuh Anda dalam upaya menurunkan berat badan dan Anda harus menggantinya dengan sayuran (utamakan sayuran hijau). Brokoli memiliki protein dan banyak keuntungan lainnya, namun jangan lupa bahwa masih ada banyak sayuran hijau lain yang tersedia. Langkah ini merupakan salah satu cara paling cepat untuk menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Namun, masih ada tips lainnya.


2. Hentikan mengkonsumsi gula atau produk yang mengandung gula.

Gula sederhana juga merupakan musuh Anda dalam menurunkan berat badan. Coklat, permen, cookies, dan lain-lain memang nikmat untuk dikonsumsi, namun dapat mengganggu diet Anda dan membuat Anda lebih gemuk. Gula juga dapat membuat Anda cepat lelah. Apabila Anda menghilangkan konsumsi gula dari menu makanan Anda, Anda akan kaget betapa banyak tenaga dan waktu tidur yang Anda dapat.


3. Makanlah lima kali sehari dalam porsi kecil.

Anda harus membiasakan diri dengan ini, namun makan dengan porsi kecil dan sering adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Ketika Anda mengkonsumsi sayuran sebagai pengganti produk tepung putih dan berhenti mengkonsumsi gula sederhana, Anda akan merasa ingin makan setiap 3-4 jam. Apabila Anda ingin diet cepat, pastikan Anda mengkonsumsi protein setiap makan (dari telur, daging, kacang, dan lain-lain) karena protein dapat membuat Anda kenyang sampai waktu makan berikutnya. Umpamakan piring Anda terbagi tiga, sepertiga bagian terdiri dari protein, sepertiga sayuran, dan sepertiga lainnya karbohidrat kompleks (ubi, nasi whole grain, dan lain-lain). Konsumsi makanan yang tampak natural, sehingga lebih sehat untuk Anda dan hasil diet Anda juga akan nampak lebih cepat. Apabila Anda dapat mengkonsumsi makanan organik, maka akan lebih baik; namun hal itu tidak wajib. Apabila Anda suka makan makanan manis, konsumsi blueberries atau strawberries atau buah-buahan lainnya dan campurkan dalam yoghurt, atau Anda juga dapat mencampurkan kacang Almond di atasnya. Yoghurt membantu Anda menahan lapar sampai waktu makan berikutnya.


4. Minumlah banyak air untuk membantu diet dengan lebih cepat.

Anda harus minum setidaknya tiga gelas besar sehari. Minuman mengandung gula, kopi, dan soda akan menggangu diet Anda. Makanan ini akan membuat diet Anda gagal seperti cookies, kue, dan permen. Hilangkan minuman gula dari menu makanan Anda dan minumlah air, susu, atau jus jeruk. V8 juga baik untuk tubuh apabila Anda tahan rasa asin.


5. Temukan olahraga yang Anda sukai apabila Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

Olahraga berarti Anda menggerakkan anggota tubuh Anda. Jadi, apabila Anda tidak menyukai olahraga, Anda dapat melakukan aktivitas lainnya yang menggunakan organ tubuh. Anda masih dapat diet dengan cepat apabila Anda menonton tayangan televisi favorit Anda sambil jalan di tempat dan mengangkat-angkat tangan Anda selama menonton (dan pada saat iklan juga). Tentu, Anda dapat latihan fisik dengan cara ini, dan ketika tayangan Anda usai, Anda juga akan merasa lebih baik, karena Anda masih tetap memperoleh hiburan sambil berupaya menurunkan berat badan. Akan lebih baik apabila Anda pergi ke gym dan melakukan latihan dengan bantuan perlengkapan aerobic atau latihan jantung. Ingatlah bahwa Anda tetap dapat bergerak setiap waktu dan setiap gerakan membantu Anda menurunkan berat badan. Standarnya, Anda harus menggerakkan tubuh Anda selama 30-60 menit, 3-5 kali seminggu untuk hasil diet yang maksimal.


6. Jangan menyerah saat Anda dilarang mengkonsumsi gula dan karbohidrat. Minggu pertama memang tidak mudah.

Anda harus tetap meyakinkan Anda tidak mengkonsumsi gula dan tepung putih. Apabila tiba-tiba Anda merasa ingin makan, segeralah ambil sepatu olahraga Anda dan berjalan keliling blok rumah Anda selama 15 menit. Apabila di luar hujan, nyalakan televisi dan latihanlah sambil menonton selama 15 menit. Saat Anda berjalan, ingatlah bahwa keinginan untuk makan ini adalah hal yang membuat Anda dalam kondisi Anda sekarang (tidak sehat atau kelebihan berat badan). Ingatlah bahwa diri Anda berhak menjadi lebih sehat dan mengatasi keinginan untuk makan Anda adalah kunci menuju kesuksesan diet cepat jangka panjang Anda.


7. Ijinkan diri Anda untuk makan nikmat sekali seminggu.

Bukan berarti Anda boleh makan sekantong penuh keripik atau cookies (produk yang penuh tepung putih), karena Anda tidak akan kehilangan lemak apabila Anda melakukan hal tersebut. Artinya, Anda dapat menikmati snack yang lebih sehat untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Makanan favorit yang dapat menjadi contoh adalah yoghurt kismis (sebagai contoh). Jangan mengkonsumsi sekantong penuh snack. Biasanya, mengkonsumsi 10-15 potong snack di pagi dan malam hari pada hari tersebut cukup membantu. Pada hari ini, sangat penting untuk mengkonsumsi hal yang Anda sukai (sebagai hadiah diet Anda selama seminggu), namun pastikan Anda tidak mengkonsumsi berlebihan. Apabila anda ingin snack dengan rasa seperti junk food, anda bisa mencoba makanan seperti cookies coklat putih kacang macadamia. Cobalah untuk tidak memiliki 2 atau 3 hari libur (hanya 1 kali) dan bagikan ceritanya pada rekan-rekan Anda. Mungkin Anda dapat meminta bantuan teman atau keluarga untuk tetap mengingatkan Anda tentang hal ini agar Anda dapat diet lebih cepat.


8. Apabila cara-cara di atas tetap tidak berhasil karena Anda tidak dapat melakukannya sendiri, mungkin Anda dapat menyewa pelatih pribadi untuk menurunkan berat lebih cepat.

Mungkin hal ini dapat membantu Anda diet cepat apabila Anda kurang memiliki motivasi. Pada situasi ekonomi sekarang, para pelatih pribadi secara aktif sedang mencari pekerjaan, karena itu tidak sulit untuk menemukan pelatih pribadi apabila Anda tidak tertarik untuk pergi ke gym. Anda dapat menyewa pelatih pribadi selama 2-3 kali seminggu, atau apabila Anda dapat melakukannya sendiri di rumah Anda dapat menyewa pelatih pribadi untuk membantu Anda sekali seminggu. Pelatih pribadi ini dapat membantu Anda untuk tetap berdiet lewat telepon ketika Anda sudah tidak tahan lagi untuk makan makanan tinggi gula atau tepung putih. Determinasi dan konsistensi sangat penting untuk menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Diet Cepat: 8 Tips Diet Sehat dan Cepat

Kebanyakan orang merasa menurunkan berat badan adalah hal yang sangat menyulitkan dan kebanyakan tidak yakin diet cepat apa yang paling baik bagi mereka. Apabila Anda ingin menurunkan berat badan secara cepat, yang perlu Anda lakukan adalah terus berusaha dalam proses penurunan berat badan. Dalam waktu seminggu atau dua minggu Anda akan merasa lebih baik dan Anda akan diet dengan lebih cepat. Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat.

Instruksi:

1. Jangan mengkonsumsi produk yang mengandung tepung yang direfinasi.

Hal yang paling penting untuk disadari adalah berapa banyak produk yang Anda makan ternyata mengandung tepung yang direfinasi (tepung putih). Tepung putih adalah musuh Anda dalam upaya menurunkan berat badan dan Anda harus menggantinya dengan sayuran (utamakan sayuran hijau). Brokoli memiliki protein dan banyak keuntungan lainnya, namun jangan lupa bahwa masih ada banyak sayuran hijau lain yang tersedia. Langkah ini merupakan salah satu cara paling cepat untuk menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Namun, masih ada tips lainnya.


2. Hentikan mengkonsumsi gula atau produk yang mengandung gula.

Gula sederhana juga merupakan musuh Anda dalam menurunkan berat badan. Coklat, permen, cookies, dan lain-lain memang nikmat untuk dikonsumsi, namun dapat mengganggu diet Anda dan membuat Anda lebih gemuk. Gula juga dapat membuat Anda cepat lelah. Apabila Anda menghilangkan konsumsi gula dari menu makanan Anda, Anda akan kaget betapa banyak tenaga dan waktu tidur yang Anda dapat.


3. Makanlah lima kali sehari dalam porsi kecil.

Anda harus membiasakan diri dengan ini, namun makan dengan porsi kecil dan sering adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Ketika Anda mengkonsumsi sayuran sebagai pengganti produk tepung putih dan berhenti mengkonsumsi gula sederhana, Anda akan merasa ingin makan setiap 3-4 jam. Apabila Anda ingin diet cepat, pastikan Anda mengkonsumsi protein setiap makan (dari telur, daging, kacang, dan lain-lain) karena protein dapat membuat Anda kenyang sampai waktu makan berikutnya. Umpamakan piring Anda terbagi tiga, sepertiga bagian terdiri dari protein, sepertiga sayuran, dan sepertiga lainnya karbohidrat kompleks (ubi, nasi whole grain, dan lain-lain). Konsumsi makanan yang tampak natural, sehingga lebih sehat untuk Anda dan hasil diet Anda juga akan nampak lebih cepat. Apabila Anda dapat mengkonsumsi makanan organik, maka akan lebih baik; namun hal itu tidak wajib. Apabila Anda suka makan makanan manis, konsumsi blueberries atau strawberries atau buah-buahan lainnya dan campurkan dalam yoghurt, atau Anda juga dapat mencampurkan kacang Almond di atasnya. Yoghurt membantu Anda menahan lapar sampai waktu makan berikutnya.


4. Minumlah banyak air untuk membantu diet dengan lebih cepat.

Anda harus minum setidaknya tiga gelas besar sehari. Minuman mengandung gula, kopi, dan soda akan menggangu diet Anda. Makanan ini akan membuat diet Anda gagal seperti cookies, kue, dan permen. Hilangkan minuman gula dari menu makanan Anda dan minumlah air, susu, atau jus jeruk. V8 juga baik untuk tubuh apabila Anda tahan rasa asin.


5. Temukan olahraga yang Anda sukai apabila Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

Olahraga berarti Anda menggerakkan anggota tubuh Anda. Jadi, apabila Anda tidak menyukai olahraga, Anda dapat melakukan aktivitas lainnya yang menggunakan organ tubuh. Anda masih dapat diet dengan cepat apabila Anda menonton tayangan televisi favorit Anda sambil jalan di tempat dan mengangkat-angkat tangan Anda selama menonton (dan pada saat iklan juga). Tentu, Anda dapat latihan fisik dengan cara ini, dan ketika tayangan Anda usai, Anda juga akan merasa lebih baik, karena Anda masih tetap memperoleh hiburan sambil berupaya menurunkan berat badan. Akan lebih baik apabila Anda pergi ke gym dan melakukan latihan dengan bantuan perlengkapan aerobic atau latihan jantung. Ingatlah bahwa Anda tetap dapat bergerak setiap waktu dan setiap gerakan membantu Anda menurunkan berat badan. Standarnya, Anda harus menggerakkan tubuh Anda selama 30-60 menit, 3-5 kali seminggu untuk hasil diet yang maksimal.


6. Jangan menyerah saat Anda dilarang mengkonsumsi gula dan karbohidrat. Minggu pertama memang tidak mudah.

Anda harus tetap meyakinkan Anda tidak mengkonsumsi gula dan tepung putih. Apabila tiba-tiba Anda merasa ingin makan, segeralah ambil sepatu olahraga Anda dan berjalan keliling blok rumah Anda selama 15 menit. Apabila di luar hujan, nyalakan televisi dan latihanlah sambil menonton selama 15 menit. Saat Anda berjalan, ingatlah bahwa keinginan untuk makan ini adalah hal yang membuat Anda dalam kondisi Anda sekarang (tidak sehat atau kelebihan berat badan). Ingatlah bahwa diri Anda berhak menjadi lebih sehat dan mengatasi keinginan untuk makan Anda adalah kunci menuju kesuksesan diet cepat jangka panjang Anda.


7. Ijinkan diri Anda untuk makan nikmat sekali seminggu.

Bukan berarti Anda boleh makan sekantong penuh keripik atau cookies (produk yang penuh tepung putih), karena Anda tidak akan kehilangan lemak apabila Anda melakukan hal tersebut. Artinya, Anda dapat menikmati snack yang lebih sehat untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Makanan favorit yang dapat menjadi contoh adalah yoghurt kismis (sebagai contoh). Jangan mengkonsumsi sekantong penuh snack. Biasanya, mengkonsumsi 10-15 potong snack di pagi dan malam hari pada hari tersebut cukup membantu. Pada hari ini, sangat penting untuk mengkonsumsi hal yang Anda sukai (sebagai hadiah diet Anda selama seminggu), namun pastikan Anda tidak mengkonsumsi berlebihan. Apabila anda ingin snack dengan rasa seperti junk food, anda bisa mencoba makanan seperti cookies coklat putih kacang macadamia. Cobalah untuk tidak memiliki 2 atau 3 hari libur (hanya 1 kali) dan bagikan ceritanya pada rekan-rekan Anda. Mungkin Anda dapat meminta bantuan teman atau keluarga untuk tetap mengingatkan Anda tentang hal ini agar Anda dapat diet lebih cepat.


8. Apabila cara-cara di atas tetap tidak berhasil karena Anda tidak dapat melakukannya sendiri, mungkin Anda dapat menyewa pelatih pribadi untuk menurunkan berat lebih cepat.

Mungkin hal ini dapat membantu Anda diet cepat apabila Anda kurang memiliki motivasi. Pada situasi ekonomi sekarang, para pelatih pribadi secara aktif sedang mencari pekerjaan, karena itu tidak sulit untuk menemukan pelatih pribadi apabila Anda tidak tertarik untuk pergi ke gym. Anda dapat menyewa pelatih pribadi selama 2-3 kali seminggu, atau apabila Anda dapat melakukannya sendiri di rumah Anda dapat menyewa pelatih pribadi untuk membantu Anda sekali seminggu. Pelatih pribadi ini dapat membantu Anda untuk tetap berdiet lewat telepon ketika Anda sudah tidak tahan lagi untuk makan makanan tinggi gula atau tepung putih. Determinasi dan konsistensi sangat penting untuk menurunkan berat badan secara cepat dan sehat.

Sabtu, 18 Februari 2012

10 cara belajar yang baik << TIPS BELAJAR

Ditulis oleh Oom Komariyah at 2/18/2012 08:24:00 PM
menurutmu ini? 
0 komentar
10 cara belajar yang baik :


1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.
2. Membaca adalah kunci belajar Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.
3. Mencatat pokok-pokok pelajaran Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.
4. Hapalkan kata-kata kunci Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama- nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
5. Pilih waktu belajar yang tepat Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama loh. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.
6. Bangun suasana belajar yang nyaman Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.
7. Bentuk Kelompok Belajar Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.
8. Latih sendiri kemampuan kita Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.
9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.
10. Sediakan waktu untuk istirahat Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru. Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur – tak perlu detail – berarti kita sudah paham.

Tips dan Trik Menghadapi Ujian Nasional

Ditulis oleh Oom Komariyah at 2/18/2012 08:07:00 PM
menurutmu ini? 
0 komentar
UN sebentar lagi nih. Buat teman_teman sudah pada siap belum ? jangan bilang kalo kalian belum siap, !hehe., soalnya UN tuh yang menentukan lulus tidaknya kalian dari sekolah. Kalo nggak lulus, malu banget kan, aku juga mau UN loh hehe:D
Sebelumnya kalian sudah tau belom, batas minimal nilai kelulusan tiap tahun tuh selalu meningkat. Mau ngga mau kita juga mesti siap dengan keadaan itu.

Takut nggak lulus ? HARUS lah, karena dengan ketakutan itu justru bisa menjadi motivasi kalian buat berusaha semaksimal mungkin. But, slow down baby..,! Disini aku pengen sedikit berbagi tips dan trik menghadapi UN.


Ada beberapa tips dan trik dari aku , yang mungkin bisa kalian terapkan besok, baik sebelum, ketika, maupun setelah UN ::

Sebelum UN:
1. 2 minggu sebelum UN kalian harus sudah menguasai semua materi.
2. Jaga kesehatan pastinya.
3. Selalu berdo'a + sholat 1/3malam(buat yg beragama islam).
4. Selalu dekat dan patuh pada perintah orang tua.(emanG harusnya tiap hari begitu kan? :D )
5. Koordinasi dengan teman 1 kelas.(moto : Masuk sama-sama, keluar juga harus sama-sama). Hilangkan rasa egois, individualis. Walaupun mungkin ada yang lagi benci dengan temannya, hilangkan perasaan itu. Minimal selama Ujian lah.
6. JANGAN DICONTOH KALAU NGGAK TERPAKSA: Cari chanel atau relasi teman yang bisa dipercaya untuk membantu saat mengerjakan ujian.
7. Sebelum berangkat mengerjakan UN, siapkan alat tulis, dan peralatan lain yang dibutuhkan(termasuk Hp! HAHAHA..).

Ketika UN:
1. Berdo'a sebelum mengerjakan soal.
2. Lingkari dulu bagian identitas kalian(nama, no.ujian, dll)
3. Jangan gugup ketika mengerjakan.
4. Kerjakan dulu soal yang kalian bisa.
5. Jangan terpaku pada 1 soal yang kalian anggap susah, hingga menghabiskan banyak waktu. Lewatin aja..!
6. Jika otak kalian sudah mentok nggak bisa mengerjakan, lakukan langkah dibawah !(optional)
7. JANGAN DICONTOH KALAU NGGAK TERPAKSA !!! : Tunggu jawaban dari teman, entah langsung atau lewat sms (realistis boleh dong ! :D).
8. Pastikan lingkaran jawaban kalian bisa terbaca(rapi,nggak terlalu tipis,gunakan pensil standard Ujian)

Setelah UN:
1. Jangan berhura-hura karena merasa sudah melewati masa kritis.
2. Tetap biasakan belajar walau intensitasnya kecil
3. Banyak-banyak meluangkan waktu bersama teman2 sekelas atau teman sekolah, karena setelah lulus kemungkinan kalian akan berpisah.
4. Selalu berdo'a dan minta hasil yang terbaik.

--> kalau ketahuan ama pengawasnya ketika nyontek gimana??? -->Menurutku ketika UN, pengawas akan lebih lunak. Dan jarang sekali ada pengawas yang dengan kejam
mengambil jawaban siswanya yang ketahuan nyontek. karena mungkin ini menyangkut masa depan siswa. Selain itu, ini juga menyangkut nama baik sekolah, maupun daerah(kecamatan,kota/kabupaten). Mana ada orang tua(pengawas) yang tega menghancurkan masa depan seorang anak(siswa).

Ada yang nggak setuju dengan tips dan trik diatas? boleh-boleh aja kok. Mungkin ada yang menganggap diri nya sempurna, sehingga gak butuh hal-hal seperti diatas. Tapi asal kalian tahu, banyak siswa yang berprestasi tapi gak lulus UN. Tahu alasannya kenapa? Karena mereka menganggap diri mereka pintar, cerdas, sempurna. Sehingga merasa bisa mengerjakan sendiri, dan gak butuh bantuan orang lain. Ingatlah kebersamaan kalian, 3 tahun berteman bukanlah waktu yang sebentar. Suka dan duka telah kalian lewati bersama. Apa kalian mau melihat teman kalian ada yang gagal?
Jawabannya ada pada diri kalian sendiri.

MARI KITA BERDO'A SUPAYA LULUS UN DENGAN NILAI YANG MEMUASKAN ! :D
Tapi berdo'a tanpa usaha percuma teman2 , jadi usaha(belajar) nya juga yaa ;;)
 

Bukan Traveller Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review